Cerita pindah registrar dan transfer domain pertama kali

NB: Postingan ini hanyalah cerita pengalaman. Jadi bukan tutorial, cara, ataupun langkah-langkah cara transfer domain.

Setelah sekian lama tidak posting diblog ini (sekitar 3 bulan) akhirnya ada ide untuk menulis lagi diblog yang hampir mati ini. hehe.

Ide ini berawal dari keinginan untuk coba-coba transfer domain atau istilahnya pindah "registrar" karena dapat saldo gratis dari paypal senilai 5 USD (2x berturut-turut) hehe.

Sebenarnya, awal mula saya daftarkan domain itu selalu di registrar Namecheap dan selalu nyaman disitu karena sering pakai 'coupon code' untuk registrasi jadi murah.

Selain itu, beberapa kali jual domain yang hampir expired selalu laku di marketplace Namecheap. hehe. Dan tentunya kualitas CS di Namecheap bisa dibilang 'the best' lah.

Dari segi kepercayaan, registrar Namecheap juga termasuk paling kredibel dan memiliki ranking Alexa yang bagus + banyak review positifnya.

Bisa dibilang namecheap ini sekelas Go Daddy namun dengan harga yang ramah dikantong. Sedikit cerita untuk harga renewal pertahun di Go Daddy sekitar 17 USD, sedangkan di namecheap hanya sekitar 14 USD (sudah termasuk ICANN Fee + Whois Protection).

Lumayan kan, selisih 3 USD? Maka dari itu dulu saya pilih Namecheap! (Btw, saya bukan salesnya Namecheap lho ya).


Nah, belakangan saya cari-cari info adakah registrar lain yang lebih murah dari Namecheap? Dan ternyata hasilnya banyak yang lebih murah wkwk.

Registrar lokal sebenarnya juga murah-murah dan cocok buat blog ini (karena berbahasa Indonesia) tapi entah mengapa saya kurang tertarik.

Tetapi dari sekian banyak registrar, saya hanya memilih berdasarkan "renewalnya yang paling murah" dimaksudkan biar netap disitu kantong nggak bolong. Dan dari sekian banyak list registrar murah, saya lumayan tertarik dengan:

  • Cosmotown
  • Sav
  • Alibaba cloud (Aliyun)
  • Porkbun
  • Namesilo

Nah, 5 registrar tersebut merupakan registrar yang menarik perhatian saya saat itu hehe. Dan berikut detailnya:

1. Cosmotown.
Tertarik dengan Cosmotown karena ini yang paling murah saat saya lihat disitus TLD List. Bayangkan saja, untuk renewal  .com diregistrar ini hanya 8.55 USD kalau dirupiahkan sekitar Rp 123.000 ,- (sesuai kurs saat saya tulis postingan ini). Sebenarnya ini bisa jadi pilihan, namun karena registrar ini kurang populer saya jadi ragu. hehe.

2. Sav.
Dibanding Cosmotown, Sav ini termasuk registrar yang sudah populer dan juga terkenal akan harga murahnya yang selalu stabil dari waktu ke waktu (bahkan sering jadi yang termurah). Saat saya cek, harga renewal si Sav sekitar 8.69 USD. Nah, ini sebenarnya bisa jadi pertimbangan.

3. Alibaba cloud.
Alibaba cloud ini jangan ditanyakan, ini merupakan perusahaan raksasa Tiongkok yang sudah populer sekali di Indonesia. Bahkan datacenternya saja sudah ada di Indonesia. Dan untuk renewal domain yang ditawarkan juga murah, yaitu sekitar 9.69 USD (jika dibandingkan registrar Namecheap masih murah ini hehe). Ini juga layak jadi pertimbangan terlebih Alibaba cloud ini juga mendukung pelatihan program prakerja di Indonesia.

4. Porkbun.
Ini juga salah satu registrar yang murah dan sedang berkembang pesat-pesatnya karena kelebihannya. Harga renewal domain .com disini sekitar 9.13 USD. Btw, sebenarnya harganya dulu lebih murah namun karena mungkin banyak peminat seiring berkembangnya waktu diregistrar ini semakin mahal. Ini juga layak di pertimbangkan karena selain harganya murah, fiturnya juga lengkap seperti DNS, Email Forwarding, SSL Certificate, dan WHOIS Privacy. Karena itulah ini registrar banyak peminatnya saat ini. Selain itu ratingnya diforum-forum juga terbilang sangat tinggi.

5. Namesilo.
Ini dia yang terakhir, yaitu Namesilo. Namesilo ini sudah sangat terkenal dari dulu karena harganya yang murah dan menawarkan harga yang jauh lebih murah lagi untuk bulk domain atau bagi orang yang memiliki banyak domain sekaligus. Harga yang dibandrol di Namesilo yaitu sekitar 9.95 USD untuk renewal .com . Harga ini dibilang termasuk murah, terlebih dengan kepopuleran Namesilo. Btw, kayaknya saya sering denger deh kalau Namesilo ini merupakan alternatif bagi banyak user Godaddy & Namecheap yang pengin ngirit kantong, dimana mereka akan transfer bolak-balik ke registrar ini.


Nah, itu dia beberapa registrar harga murah yang saya lirik saat ada keinginan transfer domain. Kesimpulannya, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


UPDATE!
Sebenarnya ini bukan update, namun kenyataan yang saya pilih!
Btw, dari 5 list yang saya pertimbangkan diatas, ternyata pilihan saya jatuh ke OVH (tidak ada didaftar hehe).

Sebenarnya kalau masalah harga, 5 registrar tersebut sangat layak jadi pilihan saya. Tetapi karena alasan "konyol" dan tidak disengaja, saya jadi pindah ke OVH.

Mengapa saya pilih OVH? Alasan utama saya pilih registrar OVH karena memiliki IANA ID : 433.

Btw, IANA ID ini tidak ada hubungannya dengan pemilihan registrar domain, namun karena saya tertarik dengan angka cantik 433 ini jadi saya pilih hehe.

Registrar OVH IANA ID 433
Registrar OVH dengan IANA ID : 433

433 ini merupakan 'nama keramat' dari member SNH48 (苏杉杉) karena banyak fansnya yang menyebutnya 433 atau Air33 maka dari itu saya jadi pilih ke OVH yang memiliki IANA ID no.tsb. :) wkwk

Sebenarnya tadinya saya juga tidak terlalu memikirkan itu nomor, tetapi karena suatu kebetulan saat sedang browsing dan menemukan ada registrar yang memiliki IANA ID no.tsb saya jadi tertarik, konyol bukan? hehe. Btw, salah satu no.hp saya juga memiliki angka belakang 33 (cuma sayangnya bukan 433) hehe.

Nah, sebenarnya OVH ini juga termasuk perusahaan yang sudah sangat populer (khususnya di Eropa). Namun, belakangan ini saya lihat reviewnya banyak yang buruk, terlebih setelah kejadian kebakaran datacenternya di Strasbourg, Prancis. Namun karena IANA ID OVH yang cantik tersebut, saya berani pindah ke registrar tersebut hehe.

Untuk proses transfer domain saya dari Namecheap ke OVH ternyata memakan waktu 5-6 hari dengan biaya transfer saat itu sekitar 9.99 USD.

Nah, cukup sekian cerita saya pindah registrar pertama kali. Terimakasih sudah membaca postingan yang tidak berharga ini hehehe.

UPDATE! Btw, saat saya update postingan ini lagi, domain saya sudah saya pindah lagi ke registrar semula, hehe. Alasannya karena sudah klop aja UI nya walaupun dari segi harga mahal dikit...


Belum ada Komentar untuk "Cerita pindah registrar dan transfer domain pertama kali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel