Weibo error 20567 dan abnormal

Postingan ini hanya sekedar cerita dimana akun Weibo saya mengalami masalah abnormal dan berakhir dengan dibekukannya akun weibo saya (di freeze) sehingga saya buat akun baru lagi dengan no.telepon berbeda.

Sebenarnya sial juga sih jika akun diblokir, padahal akun saya tersebut kalau dibilang sudah lumayan banyak interaksi & followernya wkwk. Data saja sudah saya lengkapi 70%an.

Kronologisnya akun saya sampai keblokir ialah sebagai berikut:

Pada awalnya akun weibo saya mengalami masalah tidak bisa 'follow' akun orang lain (namun masih bisa unfollow). Saat mengikuti orang lain akan muncul tulisan "abnormal account".

Saat saya buka menggunakan aplikasi weibo original diponsel akan muncul tulisan error 20567 (sayangnya saya lupa screenshot jadi tidak bisa saya tampilkan dipostingan jni).

Setelah baca FAQ dan coba inbox me admin, solusi untuk masalah abnormal dan error 20567 yaitu dengan melakukan hapus cache/ melakukan reinstall aplikasi diponsel.

Saya coba melakukan hal tersebut ternyata hanya bisa follow sesekali (itupun juha harus melakukan verifikasi) dan selanjutnya muncul tulisan error "abnormal" lagi.

Banyak yang bilang bahwa error tersebut terjadi karena saya melakukan follow/unfollow dalam jumlah yang banyak sekaligus dalam suatu waktu, jadi hanya harus menunggu dihari lain untuk memperbaiki masalah tersebut.

Karena saya penasaran dengan masalah abnormal tersebut, saya coba login dengan banyak perangkat sekaligus sampai-sampai  beberapa kali mendapat kode verifikasi via sms, scan QR code untuk login, maupun verifikasi via sms inbox di weibo.

Saya coba dibanyak device sekaligus, nyatanya solusi tidak terselesaikan (hanya tidak bisa melakukan follow orang, namun akun masih normal dan bisa posting, komentar, maupun DM).

Karena saya coba-coba login dibanyak perangkat, akhirnya setiap kali masuk diminta verifikasi no.telp. Dan karena terlalu sering akhirnya akun saya dibekukan (sampai halaman profil menjadi hilang). Seperti gambar dibawah:

Weibo abnormal notice
Notice akun Weibo abnormal yang perlu verifikasi


Kurang lebih, arti gambar diatas yaitu: "Akun ini berperilaku tidak normal dan menimbulkan risiko keamanan. Akun ini tidak dapat dilihat sementara sebelum pengguna diautentikasi...  Lihat bantuan."

Awalnya profil akun weibo hanya hilang sementara dan masih bisa muncul lagi, namun setelah beberapa kali verifikasi menjadi dipersulit dimana muncul verifikasi yang sulit menggunakan gambar tulisan mandarin (tidak bisa ditranslate).

Ini yang menjengkelkan, harus bermodal hoki biar bisa pass/melalui verifikasi tersebut wkwkwk. Padahak untuk verifikasi biasa terbilang mudah, hanya lilih bentuk bangun ruang yang dimaksud.

Setelah lama muncul abnormal tesebut saya merasakan akun dah tidak enak lagi karena sering muncul minta verifikasi. Bayangkan untuk "check in" di supertopic saja harus palai verifikasi gambar. zzz.

Terakhir, akhirnya akun saya tidak bisa melakukan komentar ke postingan orang (namun bisa melakukan like). Setiap kali melakukan komentar akan selalu minta verifikasi.


Karena akun sudah mengesalkan akhirnya saya buat akun lain dengan no.yang berbeda. Btw, jika bisa hapus Weibo padahal inginnya saya hapus akun tersebut namun sayangnya tidak bisa.

Akhirnya saya pasrah meninggalkan akun lama saya dengan data-data yang dilengkapi 70% data saya. Btw, mau ubah data saja harus minta-verifikasi dan akhirnya tidak bisa dirubah...zzz.

Saat saya cek lagi profil saya ternyata akun saya sudah tidak muncul dan saya menduga akun sudah dibekukan. Samlai disini saya sudah tidak coba login lagi karena saya sudah pakai akun yang baru tersebut. Jika nantinya akun yang baru diblokir lagi terpaksa harus tinggalkan weibo wkwkwk.

Menurut saya pribadi weibo ini hanya diperuntukkan buat warga China mainland saja. Untuk pengguna overseas (pengguna di luar china) support mereka sangat buruk dan nantinya akun bisa dibekukan tiba-tiba.

Hal yang aneh diweibo yaitu saat kita memasukan nama asli, kita tidak bisa menggunakan huruf latin (yang support huruf latin hanya username). Nah, menu nama asli ini saya bisa tahu saat saya akses lewat PC beserta data-data lain yang akan muncul berapa % data kita lengkap.

Dari situ juga sudah terlihat jika Weibo ini masih kurang support buat overseas. Disamping itu menu Bahasa Inggris di halaman situs juga belum sempurna dimana masih ada beberapa menu yang hanya support bahasa mandarin.

Terus untuk verifikasi host di Supertopic ternyata hanya bisa diverifikasi menggunakan ID China Mainland, jadi untuk lengguna overseas kurang rekomendasi.

Intinya Weibo ini tidak bisa dijadikan akun utama oleh penghuna diluar China karena supportnya yang masih jelek diluar China. Padahal menurut saya respon orang Cina terhadap orang luar terbilang bagus.

Saat saya posting di supertopic menggunakan bahasa Mandarin (yang ditranslate) mereka tahu saya berasal dari luar China dan banyak dari mereka yang mau menjawab menggunakan bahasa Inggris hehehe.

Kembali ke bahasan sebelumnya, ada beberapa hal yang saya lakukan sebelum akun saya jadi "abnormal" dan dibekukan diantaranya.

1. Saya melakukan unfollow dalam jumlah yang lumayan banyak.

2. Saya coba login dibanyak perangkat sekaligus (terdeteksi di 5 perangkat) yaitu Apps Weibo ori, Apps Weibo Lite, Apps Weibo versi Intl, Browser Chrome di HP, dan di laptop (Cloudready/Chromebook OS).

3. Saya banyak melakukan komentar/aktivitas menggunakan Bahasa Inggris/Indonesia (bukan Bahasa Mandarin). Mungkin ini juga suatu hal yang bisa menyebabkan akun dibilang jadi abnormal.

4. Saya pernah posting yang ada kata-kata presiden Xi Jinping dipostingan weibo saya. Dan anehnya saya merasa postingan tersebut terhapus otomatis. Saya juga menduga hal ini menjadi alasan jadi "abnormal". Karena banyak yang bilang postingan berbau politik rawan dihapus di Weibo. Komentar juga rawan dihapus sama sistem.


Dah, itu beberapa hal yang saya lakukan yang membuat akun saya jadi abrnomal dan bahkan dibekukan. Sebenarnya sayang sih weibo ini terlalu kaku buat user diluar China hehe, padahal banyak informasi yang bisa kita dapat diweibo ini yang jarang ada di media 'asing' lain.



UPDATE!

Setelah saya cek alasan akun abnormal 20567 di Weibo ternyata masih jadi misteri, karena setelah saya cek buat akun baru (walaupun tidak pernah post sama sekali, follow/unfollow normal, maupun hanya login di sedikit perangkat) ternyata juga mengalami masalah abnormal 20567. Masih jadi misteri, apakah gara-gara saya pakai weibo yang versi Intl (bukan yang original)? atau gara-gara IP?.


Dan setelah menunggu beberapa hari akhirnya akun lama saya bisa kembali aktif dan setelah melakukan verifikasi no.telepon akun saya bisa digunakan untuk post, like, & comment lagi.

Sedangkan akun yang baru kemudian saya hapus. Btw, sekarang sudah tahu cara hapus akun weibo... wkwk. Ternyata ada panduan cara hapusnya di FAQ situs Weibonya langsung, hehehe.

Btw setelah dihapus akun weibo, dalam waktu 14 hari akun akan dihapus permanen (tidak dapat dipulihkan), dan kabarnya username nantinya akan dilepas & bisa dipakai oleh orang lain. Dan jika suatu saat ingin daftar lagi, kita bisa melakukannya dengan no.yang sama.

Btw, sekarang akun weibo sudah kembali normal, jika suatu saat akun Weibo saya keblokir lagi, maka mending tinggalkan Weibo dah wkwk. O iya, buat yang mau berteman di Weibo, silahkan follow username saya @我爱你苏杉杉 nanti saya followback.hehehe

Sekian updatenya, makasih.


2 Komentar untuk "Weibo error 20567 dan abnormal"

  1. Sore ka saya mau tanya, aku juga kaya gitu. Kan suru verifikasi pakai no hp, nah pas mau verifikasi kayanya udah kebanyakan. Apa kaka sperti itu juga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia, kadang seperti itu kalo yg weibo intl, tapi kalo yg versi cn lancar.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel