Review tentang Pi Network, apakah scam?

Sebenarnya ini bukan review lengkap, tapi hanya pendapat pribadi. Tujuan utama tulisan ini intinya hanya mengulas apa yang ada di otak saya saat mendengar "pi network".

Awalnya saya tahu Pi Network dari salah satu tweet pengguna di Twitter yang kebetulan tak kenal namun saling follow. Tweet dia muncul ditwitter saya yang intinya mengajak bergabung dijaringan pi network (mencari referal).

Sebenarnya kalo tentang yang berbau MLM / referal saya langsung skip, tapi karena berbau "crypto" yg lagi trend saya jadi lumayan tertarik.

Btw, karena akun tersebut dan juga akun Pi Network termasuk banyak followernya & centang biru (verified) maka saya coba daftar dengan mendownload aplikasi android "Pi Network" tersebut.


Setelah download saya tidak cuma-cuma langsung daftar, tapi biar tidak terjebak saya cari-cari Pi Network di Internet ternyata termasuk bisa dipercaya (sampai saat ini) namun ada juga keraguan bagi saya.

Karena melihat Alexa rank yang ramping & tanda centang biru di Twitter, maka saya coba daftar menggunakan kode referal yang saya dapat (wajib daftar pakai referal). Btw kalau bisa tidak pakai referal maka saya pasti tidak menggunakan referal wkwk...

Alexa rank dan twitter Pi Network, apakah scam?



Setelah saya coba ternyata ini aplikasi sejenis mining crypto (katanya) cuma ini aplikasi miningnya di hape Android. Kita hanya cukup check in sehari sekali untuk mengupulkan koin Pi.

Koin Pi yang didapat juga menyusut seiring dengan banyaknya orang yang melakukan mining. Dan di akhir Pi Network ini akan mainnet sehingga nantinya Koin Pi bisa ditradingkan/memiliki harga dipasar seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dll.


Jadi gampangnya Pi Network ini ialah koin yang baru rencana & belum benar-benar ada. Kabarnya saat ini (saat artikel ini saya tulis), Pi Network ini lagi mulai mempersiapkan mainnet & melakukan KYC ke member-membernya.

Denger-denger kabarnya Pi ini muncul sejak 2019 dan akhir 2021 baru akan mainnet. Btw, rasanya lola sekali ya wkwk... 

Karena penasaran, saya ngintip di grup-grup Pi Network ini ternyata komunitasnya sudah besar & bahkan di grup yang dikelola di Indonesia saja membernya sampai puluhan ribu.

Yang bikin saya tercengang sih bukan jumlah membernya, tapi banyak postingan yang "mendewakan" Pi Coin ini yang harganya digadang-gadang bisa mengalahkan Bitcoin saat mainnet/seiring berkembangnya waktu.

Jika dipikir secara logika, waktu mainnet biasanya coin akan memiliki harga 0.00000001 (entah berapa ada angka 0 dibelakang) dan seiring dengan berjalannya waktu harga coin akan meningkat seiring dengan permintaan dan penawaran. Btw, disini saya menulis bukan berarti saya Kontra, tapi saya juga sedikit Pro dengan Pi Network.


Yang buat saya Pro dengan Pi Network:

1. Saat saya dengar kabar Pi ini dibuat oleh 3 orang Doktor lulusan Universitas Stanford.
Ini alasan yang masuk akal membuat Pi Network terlihat begitu dipercaya, walaupun saya masih curiga sebenarnya siapa orang itu dan apakah benar-benar orang itu dengan wajah itu?
Tapi setidaknya walaupun entah itu asli atau palsu setidaknya pembuat Pi ini berani publish ke publik.

2. Saat saya cek Alexa rank situs minepi.com (situs resmi pi network)
Saat saya cek, situs Pi Network ini dapat disimpulkan bahwa situs tersebut termasuk dalam situs yang populer didunia (akhir-akhir ini).

3. Saat saya lihat di Twitter ada tanda verified diakun socmed Pi Network & followernya hampir satu juta.
Ini alasan yang paling masuk akal bagi saya (selain yang no.2) karena Twitter memberi tanda centang biru.

4. Banyaknya komunitas & grup tentang Pi Network.
Ini saya cari di Facebook dimana sudah banyak grup yang membahas tentang Pi Network & membernya juga sampai puluhan ribu.

5.Rating aplikasi & jumlah download di Playstore.
Ini juga salah satu kelebihan Pi Network dimana saya lihat di Playstore aplikasi ini sudah didownload 10M lebih. Dan juga ratingnya banyak yang memberikan review bagus (walauoun meragukan rating asli/buzzer).


Nah, sekarang yang buat saya Kontra dengan Pi Network:

1. Masih belum jelas kapan Mainnet.
Ini yang paling meragukan karena ibaratnya koin ini masih semu dan belum memiliki harga. Walaupun kabarnya akan rilis di akhir 2021 ini.

2. Lamanya waktu tunggu.
Kabarnya Pi ini sejak 2019 lho... Namun, kapan bisa resmi dan bisa memiliki harga?

3. Aplikasi ini ada iklan yang muncul (setelah kita Check in).
Adanya iklan diaplikasi ini rasanya seperti Developer ingin mencari keuntungan dari tampilan iklan, padahal aplikasi masih belum jelas.

4. Waktu tetap berjalan walaupun internet mati.
Saya tidak tahu sistemnya Pi. Tapi yang saya tahu kalau benar-benar mining pasti butuh yang namanya internet buat connect ke jaringan. Selain itu butuh juga hardware yang mumpuni.

Denger ada juga yang bilang Pi Network bukan mining tetapi airdrop yang diberikan secara cuma-cuma. Airdrop sendiri ialah reward koin crypto yang diberikan secara cuma-cuma jika telah melakukan task (tugas ataupun promosi), pada Pi Network sendiri tugasnya Check In harian & kontribusi referal.

5. KYC yang meragukan.
Sebenarnya ini bukan kontra sih karena memang hal wajib KYC dilakukan (biasanya saat daftar di broker, bursa, ataupun e-commerce) pasti wajib KYC.
Namun dari hati terdalam saya agak meragukan keamanan data di Pi Network. Takutnya data pribadi para member di salahgunakan & diperjualbelikan.


Nah itu Pro dan Kontra dari sudut pandang saya pribadi. Tips dari saya pribadi sih apa salahnya coba saja karena gratis (hanya check in diaplikasi sehari sekali). 

Yang penting jangan terburu-buru KYC (ini yang penting) takutnya data kita bocor. 

Kalau nanti sudah jelas Pi Network memiliki harga serta reliable barulah kita KYC (ini yang saya tidak tahu apakah benar-benar harus dipaksa KYC sebelum mainnet?).

Btw, jika ada yang berminat coba Pi Network ini bisa pakai kode referal saya www.minepi.com/suair ,atau bisa masukkan kode undangan "suair" saat akan daftar/login di aplikasi Pi Network.


Btw, jujur saya disini tidak mencari referal karena saya masih lebih berat ke "Kontra" terhadap Pi Network. Tetapi apa salahnya coba karena ini gratis (siapa tahu nanti memang benar-benar memiliki harga). Tapi ingat, jangan dulu KYC! Ini tips dari saya, hehe.

Jika ada waktu dan saya tidak lupa, nanti tulisan ini akan saya update seiring perkembangan Pi Network...Makasih.

Itulah pendapat jujur saya mengenai Pi Network sebagai orang awam. Bagaimana menurut anda?


Belum ada Komentar untuk "Review tentang Pi Network, apakah scam?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel