Smartfren Unlimited korupsi FUP harian?

Postingan kali ini merupakan keresahan saya dengan paket  Smartfren Unlimited, karena belakangan ini entah kenapa seringkali dapat pemberitahuan FUP yang prematur.


Maksud prematur yaitu terkena FUP saat belum waktunya terkena FUP sehingga pengguna akan dirugikan dengan pemotongan FUP tersebut. 

Misalnya saat anda memiliki paket Unlimited Maxi dengan FUP 1GB/hari, tetapi saat kita belum pakai mencapai 1GB (misalnya 700 - 800 MB) sudah dapat notifikasi FUP habis.


Nah, kejadian prematur FUP ini belakangan sering saya rasakan dikartu Smartfren yang saya pakai. Btw saya merupakan pelanggan Smartfren sejak sekitar tahun 2017 dimana paket Unlimited 1 GB/hari merupakan paket favorit saya waktu itu.


Btw, dari tahun 2017-2019 saya selalu ganti-ganti no.smartfren atau istilahnya beli kartu langsung buang begitu kuota habis, wkwkwk. Pelayanan Smartfren waktu itu sangat memuaskan karena saat FUP habis kecepatan internet masih lumayan.


Nah, sekitar tahun 2019-2020 saya terpaksa meninggalkan operator ini karena hp saya yang mendukung jaringan Smartfren rusak :( sehingga saya berpindah ke operator lain sebagai provider internet.


Pada tahun 2021 ini saya akhirnya menggunakan Smartfren lagi karena kebetulan saya memiliki hp yang support jaringan Smartfren. Awal-awal pakai saya cukup senang sekaligus sedih karena ada beberapa kejutan.


Kejutan yang pertama yaitu sekarang makin tersedia banyak paket internet, ada paket volume, nonstop, dan juga 10N+ bahkan paket yang 4G unlimited sekarang makin banyak pilihan, ada versi LITE, PRO, MAXI, dan yang FUP 1.5GB/hari.


Kejutan yang lain yaitu harga paket internet unlimited yang naik harganya (khusus yang FUP 1GB/hari) dimana waktu dulu saya beli sekitar 60-65 ribuan, tetapi sekarang sudah naik diharga 75-80 ribuan, mungkin karena inflasi, wkwkwk.


Kejutan yang keren lagi yaitu ada ekstra kuota malam yang full speed. Waktu awal-awal meluncur, ekstra unlimited malam ini sangat memuaskan karena true full speed. Tetapi entah kenapa belakangan (saat saya menulis artikel ini) kecepatannya tidak secepat waktu awal muncul.


Kabar buruknya saat saya memakai ekstra unlimited malam ini pernah suatu kali mengurangi FUP utama :( (btw ini mungkin kesalahan sistem yang pernah terjadi pada no.saya).


Belakangan ini yang buat saya kesal yaitu dapat sms terkena FUP padahal saya baru memakai internet yang sedikit atau istilahnya seperti FUP prematur.


Sebenarnya kejadian ini jarang saya alami, tetapi untuk belakangan ini sering. Biasanya saat dapat sms FUP tersebut kecepatan langsung lemot, tetapi pada suatu kali kecepatannya tetap normal.

FUP prematur Smartfren Unlimited
FUP prematur Smartfren Unlimited

Btw kejadian tersebut ternyata bukan cuma saya yang merasakan, tetapi ada beberapa orang yang posting digrup Facebook juga kadang mengalami hal tersebut. Btw apakah Smartfren korupsi FUP?.

Yang buat saya tidak nyaman dengan smartfren di 2021 ini yaitu setelah terkena FUP internetnya lemot bahkan kadang tidak mau connect.

Bahkan kabarnya sekarang ada FUP kedua (entah benar atau salah), dimana saat FUP pertama kecepatan diturunkan menjadi 256kbps dan FUP kedua menjadi 64kbps.


Cukup sekian postingan kali ini. Btw pada saat saya menulis postingan ini saya masih setia pakai Smartfren karena saya rasa smartfren masih worth it karena harganya yang murah. Tetapi masih kurang rasanya jika dijadikan no.utama, sehingga saya memakai provider lain buat internet jika Smartfren terkena FUP ataupun sedang gangguan, hehehe.


UPDATE!

Setelah beberapa minggu saya menulis postingan ini, kadang masih sering gangguan smartfren prematur FUP tersebut.

Btw, saya pakai paket smartfren maxi x6 (harga Rp 408.000,-) dan kemudian ditambah dengan booster FUP 500MB untuk seminggu (Rp 10.000,-) namun nyatanya sama saja sering sekali FUP prematur.

Bayangkan saja masa FUP yang harusnya 1 gb/hari + 500mb/hari harusnya 1,5gb/hari tetapi entah error atau apa sering sekali prematur.

Sialnya lagi, entah kenapa sekarang paket malam (yang katanya unlimited) dan bebas memakan kuota saat jam 1-5 pagi, nyatanya sering sekali sangat lemot sekali ditempat saya!!!. 

Kalau misal dijam malam tersebut lancar seringkali internet malam tersebut malah memotong fup paket utama (gila kan?) padahal waktu awal-awal muncul internet malam sangat worth it!...

Ini update tulisan saya buat pada akhir Juni 2021 dimana saya sangat menyesal memakai Smartfren, dah gitu paketan saya masih panjang dimana masa aktif paket internet saya sampai bulan November 2021.

Sangat menyesal beli paket smartfren maxi x6 ternyata kualitas smartfren tidak sebagus pada tahun-tahun 2017-2019 dimana saya memakai smartfren sangat puas. 

Dulu kena FUP masih lancar buat browsing dan lumayan buat streaming video resolusi rendah, sedangkan sekarang boro-boro lancar saat kena FUP,  masih ada FUP aja sekarang sering kali lemot!!!.

Saya kapok menggunakan Smartfren akhirnya saya unreg paket yang masih aktif satu bulanan lebih & buang kartu smartfren tersebut.

Btw, sebenarnya nyesel juga buang kartu smartfren, karena termasuk nomor cantik 11 digit dengan 5 digit terakhir 22277. :(


UPDATE lagi!

Setelah menyesal menggunakan Smartfren, pada awal Oktober 2021 akhirnya beli lagi kartu baru Smartfren setelah melihat beberapa review di grup Facebook yang bilang Smartfren mulai membaik. Dan setelah saya coba ternyata kecepatan Smartfren ditempat saya sudah stabil. Namun cukup disayangkan, FUP Prematur masih sering terjadi.

Karena penasaran kali ini saya pindahkan kartu saya dari hp ke mifi (mifi yang diunlock imei sehingga bisa pakai unlimited). Namun kaget setelah saya lihat dicounter mifi ternyata sangat prematur FUP juga seperti di hp.

Di mifi counter baru sekitar 300 MB langsung dapat notice FUP, saya coba booster 500MB/hr namun anehnya booster tersebut cepat sekali habis padahal penggunaan dicounter mifi belum ada 100 MB.

Buat yang tidak percaya FUP Prematur Smartfren tidak apa, namun dari beberapa kali saya coba ternyata FUP prematur (ini review jujur saya).

Saya sudah membuktikan beberapa kali ternyata Smartfren paket Unlimited + Boosternya itu menipu karena tidak transparan & penggunaan counter yang seakan dikorupsi.

Tapi saya cek hanya jenis paket Unlimited + Booster saja yang counternya seakan dimanipulasi & cepat habis karena saat saya pakai yang paket kuota non-stop, counternya tidak separah unlimited.

Jadi, sekarang ini (saat saya menulis ini) saya rekomendasikan pakai paket Nonstop / Gokil Max saja. Sebenarnya alasan saya pakai Smartfren itu karena paket Unlimited namun karena "korupsi FUP" maka saya jadi kurang tertarik.


UPDATE terakhir di 2022

Belakangan Smartfren juga merilis varian paket baru yang kuotanya besar bukan cuma jam malam. Dan untuk paket unlimited sendiri jam malam juga di hilangkan & ada tambahan FUP untuk beberapa paket.

Saat update tulisan ini, saya masih memiliki no.Smartfren & saya pakai paket Unlimited 1 GB + 1 GB (paketan promo baru yang FUP 1 GB tanpa paketan malam).

Reviewnya masih lumayan lancar & FUP juga kadang-kadang prematur (belum 2 GB) sudah FUP. Tapi, walaupun begitu kadang FUPnya bisa normal dan sentuh 2 GB. Jadi, masih lumayan OK lah menurut saya.

Setelah coba paket bulanan baru, saya coba paket mingguan dan juga unlimited nonstop (dicoba pada bulan Maret 2022). Sesuai dikomentar, pada paket mingguan saya coba ternyata FUP bisa pas tanpa prematur, tetapi ternyata kadang dihari yang lain juga pernah bermasalah juga. Untuk yang jenis Unlimited nonstop juga intinya hampir sama dengan paket Nonstop Smartfren yang dulu, cuma perbedaannya ada beberapa aplikasi yang benar-benar true unlimited, serta adanya tambahan kuota lokal (untuk dibeberapa lokasi) dan hilangnya kuota malam wkwk.

Nah, untuk kecepatan Smartfren ditempat saya terbilang bagus jika saat jaringan normal. Btw, jika dibandingkan provider lain kecepatan Smarftren terbilang bisa bersaing dengan si Merah (yang terkenal kecepatannya & jangkauan sinyalnya).

Saya rasa saat ini Smartfren ini masih lumayan cocok untuk harian karena harganya yang masih terjangkau dibandingkan provider lain. Namun untuk saya, bisa bilang kartu Smartfren ini masih kurang layak dipakai sebagai provider utama (karena banyak teman/keluarga yang tidak pakai provider ini hehe), tapi kalau untuk provider cadangan, masih OK.

Sebenarnya saya sih lumayan kecewa dengan Smartfren, paket unlimited yang jadi alasan utama pakai kartu ini, ternyata FUPnya tidak sesuai & ketika FUP tercapai kecepatannya diluar ekspektasi (walaupun sebenarnya masih lumayan).

Dari update terakhir tulisan ini, yang buat saya kecewa yaitu "counter" Smartfren yang terkesan "boros" dibandingkan provider lain. Dari yang tadinya hanya paket unlimited yang terkesan prematur jadi makin merambat ke jenis paketan yang lain, dan yang lebih parah lagi hilangnya "paket malam" yang membuat banyak pengguna kurang tertarik (padahal nilai plus smartfren bagi para pengguna ya ini).

Tapi jujur bagi saya sebenarnya jenis paket smartfren yang menawarkan "unlimited" ini sangat menarik + walaupun ada FUP tetep aja masih menarik karena masih bisa dipakai saat kuota habis.

Yang jadi masalah & yang membuat saya untuk meninggalkan provider ini yaitu karena batas FUP yang terkesan tidak transparan & kecepatan setelah FUP jadi sangat "pelit" tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena alasan tersebut jadi terpaksa no.smartfren saya harus saya buang dan buang lagi, padahal termasuk cantik lho ada urutan angka 888555 di no.tsb & cek di no.hoki/primbon angka positifnya 100% wkwk

Tapi entah mengapa walaupun sering ganti-ganti no. & buang kartu, saya selalu tertarik untuk menggunakan Smartfren lagi, lagi, dan lagi & berburu no.cantiknya untuk dipakai. Alasannya karena harganya yang ekonomis & paketannya juga masih termasuk murah dibanding provider lain + ditempat saya smartfren ini termasuk top kecepatannya.

Akhirnya di update postingan ini, saya beli no.cantik Smartfren lagi, karena tertarik dengan harganya yang terjangkau di olshop & merasa sayang jika MiFi Smartfren yang saya punya tidak dipakai (karena hanya bisa pakai Smartfren & Telkomsel *unlock*). Kali ini sayangnya no.12 digit (bukan 11 digit) tetapi saya kira lebih cantik dari pada sebelum-sebelumnya karena hanya ada 3 angka di no tsb (0, 2, dan 8). Namun, setelah saya cek di GetContact & Coba cek buat WA, eh ternyata ini nomor bekas recycle dimana sudah ada bekas WA & tag orang di GetContact, btw jadi risih pakainya & berpikir 2x buat pertahankan nomor tsb.

Dan, akhirnya...

Ternyata saya kembali dibuat sangat KECEWA oleh Smartfren, dimana FUP prematur masih sering terjadi, bahkan sekarang makin parah karena pemotongan secara prematur juga di alami paket yang lain, yaitu: Unlimited Nonstop (Silahkan anda percaya atau tidak tetapi beberapa kali paket kuota Nonstop saya berkurangnya tidak sesuai counter di hp/mifi). Kejadian ini hampir sama dengan FUP Prematur dipaket Unlimited.

Saya dibuat kecewa lagi setelah saat saya browsing, pulsa saya juga ludes karena saya dijebak link iklan tanpa konfirmasi.

Makin kecewa lagi karena pernah kejadian saat saya memiliki kuota malam (saat kuota regular habis) tiba-tiba saat saya pakai jam 1 an malam, ternyata bukannya memotong kuota malam, eh pulsa saya yang ludes.

Tapi, jujur sih yang buat saya ingin meninggalkan provider ini karena kecepatan setelah FUP sekarang tidak secepat dulu, FUP yang 'prematur' & tidak transparan (counter yang selisih beda jauh) + paketan malam dihilangkan. Tapi yang buat saya masih memakai SF ini karena harganya yang masih sangat terjangkau dan stabil, dibanding operator lain yang murahnya saat hanya berburu promo. Jadi saya masih bertahan menggunakan SF dan beli nomor baru lagi untuk nomor ketiga saya wkwkwk (setelah indosat & tri)


NB: Tulisan ini terakhir diupdate pada Juni 2022. Saya disini bukan bermaksud menjelekkan Smartfren karena saya juga merupakan pengguna provider ini sejak lama. Btw, saat tulisan ini diupdate, saya juga masih "setia" menggunakan provider ini, hehe. Smartfren merupakan salah satu provider yang menarik bagi saya. Saya beberapa kali memakai provider ini dengan no.yang berbeda-beda + sering kali berburu no.cantik yang akhirnya saya buang lagi dan lagi :( . Namun, karena harga paketan yang terjangkau dan stabil (tanpa harus berburu promo) maka saya masih bertahan untuk tetap menggunakan provider ini. Btw, tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan provider Smartfren. Terimakasih.

6 Komentar untuk "Smartfren Unlimited korupsi FUP harian?"

  1. Balasan
    1. Wah ternyata lumayan banyak yang alami kejadian tsb...wkwk tapi akhir-akhir ini dah mulai normal.

      Hapus
  2. Update 2022 yang kuota bonus 2Gb masih sering kena prematur FUP Bro Aneh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, saya juga masih pake kartunya sampai saat ini, kemaren coba paket yang 1gb+1gb 80K sering kena fup dikisaran 1.5-1.6GB. Tp anehnya pas coba paket mingguan yg 1gb/hr 22.5k sering pas (no prematur) kuotanya...

      Hapus
  3. Oh, namanya FUP premature.
    Saya kena FUP premature terus sekarang jadi rencana mau pindah kartu saja.
    counter di mySF bisa tembus 2x lipat bahkan lebih dari itu dari yang aslinya dipakai.
    Speed fup juga terus diturunin sekarang jadi 128kbps, hampir ga bisa dipake apa-apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama kejadiannya kayak saya itu. Tadinya yg prematur hanya paket Unlimited + Boosternya doang, tapi terakhir semenjak paket nonstop hilang & berubah jadi "Unlimited Nonstop" itu pemotongannya prematur juga. Misalnya saat dicounter hp penggunaannya 300MB di apps MySF sudah terpotong 500 MB (hampir 2x lipatnya). Jujur itu yg saya alami terakhir pakai Smartfren, untuk saat ini (saat menulis komentar ini) saya sudah tidak pakai SF lagi. Btw, ga tahu apakah udah di fix apa belum sampai saat ini, tapi barusan iseng lihat di grup FB masih banyak yang post & komen masalah korupsi paket data SF yang bisa beda jauh dari counter di hp.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel